...

Perbedaan: Baterai Lithium vs Baterai Konvensional pada Forklift

Daftar Isi

Keuntungan menggunakan Baterai Lithium (Lithium vs Lead Acid)

Siklus Baterai Lebih Lama

  • Berdasarkan hasil pengujian, ternyata baterai Li-ion mampu bertahan hingga 4.000 siklus pengisian, sedangkan baterai konvensional terbaik hanya dapat bertahan sekitar 1.000 hingga 1.500 siklus. Dalam kata lain, baterai Li-ion menawarkan keunggulan yang luar biasa dibandingkan dengan baterai konvensional dalam hal daya tahan. Jadi, dengan baterai Li-ion, Anda bisa merasakan manfaat penggunaan yang lebih lama dan lebih andal.
  • Baterai Li-ion tidak mengalami masalah penurunan tegangan dan sulfasi seperti yang terjadi pada baterai konvensional. Selain itu, baterai konvensional hanya memberikan muatan penuh hingga sekitar 20%. Dengan menggunakan baterai Li-ion, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah tersebut karena baterai ini lebih stabil dan mampu memberikan muatan penuh yang lebih optimal.

Pengisian Baterai Cepat (Fast-Charging)

Dengan penggunaan hemat energi yang tepat, baterai Li-ion memiliki kemampuan untuk menyerap hingga 50% kapasitasnya dalam waktu pengisian hanya 30 menit, dan bisa mencapai status pengisian penuh dalam rentang waktu 60 hingga 120 menit. Hal ini berbeda dengan baterai konvensional yang memerlukan fase absorpsi untuk mengisi daya 20% terakhir.

Selain itu, baterai Li-ion tidak terpengaruh oleh efek memori, sehingga pengisian peluang (opportunity charging) sangat berharga, terutama dalam kondisi kerja yang berat seperti di bandara, pergudangan besar, atau pusat logistik. Dengan baterai Li-ion, kita tidak perlu lagi mengganti baterai cadangan setelah pergantian shift, sehingga kita dapat mengisi daya selama istirahat atau kapan pun diperlukan.

Ini menjadikan baterai Li-ion sebagai solusi yang efisien dan praktis untuk memenuhi kebutuhan energi dalam lingkungan kerja yang sibuk dan memungkinkan penggunaan baterai yang lebih optimal tanpa terkendala waktu atau efek memori.

Keamanan

Baterai Li-ion memiliki kepadatan energi yang luar biasa, yaitu sekitar 140Wh/kg, atau sekitar 3 kali lipat lebih tinggi daripada baterai konvensional. Sebagai perbandingan, dengan kapasitas baterai yang sama, paket baterai Li-ion memiliki berat sekitar 25% lebih berat daripada baterai konvensional, namun ukurannya lebih kecil sekitar 33%. Oleh karena itu, dengan menggunakan baterai Li-ion, kita dapat mengalami peningkatan daya yang signifikan dalam perangkat yang ditenagai oleh baterai tersebut.

Selain itu, selama proses pengisian dan pengosongan, baterai Li-ion memiliki efisiensi konversi energi sekitar 98%, sementara baterai konvensional hanya dapat mencapai maksimal 85%. Ini berarti penggunaan baterai Li-ion akan memberikan penghematan energi yang lebih besar dibandingkan dengan baterai konvensional.

Dengan kepadatan energi yang tinggi dan efisiensi konversi energi yang lebih baik, baterai Li-ion memberikan keunggulan dalam hal kinerja dan efisiensi energi. Hal ini membawa manfaat yang signifikan, termasuk penghematan energi yang lebih besar dan penggunaan daya yang lebih efisien.

Hemat Energi

Baterai Li-ion memiliki kepadatan energi yang mencapai sekitar 140Wh/kg, atau sekitar 3 kali lipat lebih tinggi daripada baterai konvensional. Dalam perbandingan berdasarkan kapasitas yang sama, paket baterai Li-ion memiliki berat sekitar 25% lebih berat dibandingkan baterai konvensional, namun ukurannya lebih kecil sekitar 33%. Oleh karena itu, menggunakan baterai Li-ion adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, selama proses pengisian dan pengosongan, efisiensi konversi energi baterai Li-ion mencapai sekitar 98%, sementara baterai konvensional hanya mampu mencapai maksimal 85%. Dengan menggunakan baterai Li-ion, kita dapat menghemat energi dengan lebih efektif.

Dengan kepadatan energi yang tinggi dan efisiensi konversi energi yang lebih baik, baterai Li-ion memberikan manfaat yang jelas dalam hal penggunaan energi yang lebih efisien.

Ramah Lingkungan

Li-ion merupakan representasi dari tren baterai yang paling canggih. Berbeda dengan baterai konvensional, Ni-Cd, atau Ni(H), baterai Li-ion diproduksi tanpa menggunakan Cd, Pb, atau Hg, yang dapat menyebabkan polusi logam berat.

Selama proses pengisian, baterai Li-ion tidak menghasilkan hidrogen seperti baterai konvensional. Baterai Li-ion tidak mengeluarkan gas, sehingga tidak lagi diperlukan sistem ventilasi khusus di area pengisian daya. Ini membuat penggunaan baterai Li-ion menjadi sangat aman.

Dengan menghindari penggunaan logam berat berbahaya dan mengurangi risiko hidrogen yang dihasilkan selama pengisian, baterai Li-ion memperlihatkan keunggulan dalam hal lingkungan dan keamanan.

Tanpa Perawatan

Anda hanya perlu menghubungkan konektor, dan baterai siap digunakan. Ini akan membebaskan Anda dari tugas perawatan rutin seperti pengisian air baterai. Dengan menggunakan baterai Li-ion, Anda dapat lebih fokus pada penggunaan perangkat tanpa perlu khawatir tentang perawatan yang rumit.

Universal Application For Different Models

Baterai Li-ion dirancang dengan baik agar sesuai untuk sebagian besar forklift listrik dengan merek dan model populer. Tersedia dalam berbagai spesifikasi, seperti 24V, 36V, 48V, 72V, 80V, dengan kapasitas mulai dari 150AH hingga 750AH. Selain itu, baterai ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus untuk solusi baterai yang lebih optimal.

Dengan berbagai pilihan voltase dan kapasitas yang tersedia, baterai Li-ion memungkinkan Anda untuk menyesuaikan baterai dengan forklift listrik yang Anda miliki. Hal ini memastikan kompatibilitas yang baik dan kinerja yang optimal sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Penyimpanan

  • Pengguna cenderung memilih baterai konvensional yang baru.
  • Baterai konvensional rentan terhadap korosi selama masa penyimpanan – mengisi daya secara penuh setiap 1 atau 2 bulan menjadi keharusan.
  • Penyimpanan merupakan masalah yang signifikan dan berbiaya tinggi untuk baterai konvensional. Namun, hal ini tidak akan terjadi pada baterai Li-ion karena sifat kimianya dan mekanisme baterainya yang berbeda.

Monitor Baterai Melalui Internet

Melalui koneksi internet, paket baterai Li-ion dapat diakses dengan mudah. Pelanggan memiliki kemampuan untuk memantau status baterai secara real-time, kapan pun dan di mana pun mereka berada. Ini memberikan keuntungan yang signifikan dalam pengelolaan armada baterai dan bisnis persewaan.

error: Content is protected !!
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.